6 Minuman buat Kesehatan Jantung



Faktor genetik dapat mensugesti risiko seorang untuk mengidap penyakit jantung. Namun sebenarnya, penyakit ini dapat dicegah. Kita mungkin pernah mendengar nasihat bijak yang mengatakan, buat menjaga jantung agar tetap sehat, maka harus mengonsumsi kuliner begizi & teratur berolahraga. Tetapi bukan cuma perubahan gaya hidup yg bisa lakukan untuk memperkecil risiko penyakit jantung. Apa yang Anda minum juga meentukan kesehatan jantung anda . Berikut ini merupakan beberapa jenis minuman yang disarankan yg bisa membantu menjaga kesehatan jantung :
1. Kopi

Mungkin hal ini sepintas terdengar aneh. Tapi tahukah Anda bahwa kopi mempunyai kegiatan antioksidan lebih tinggi ketimbang kakao atau teh? Mengonsumsi kopi pada jumlah yg sempurna dapat menghambat peradangan & mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi jangka panjang dan berskala akbar, di mana melibatkan lebih menurut 83.000 wanita menghasilkan bahwa minum dua cangkir kopi setiap hari dapat memangkas risiko terkena stroke 20 % lebih rendah ketimbang mereka yg sedikit minum kopi atau tidak sama sekali. Saran : Meminum antara dua hingga 4 cangkir kopi per hari termasuk kategori moderat. Tetapi jika Anda mengalami insomnia, gelisah & kelelahan, relatif minum satu gelas saja.
2. Jus delima
Belakangan ini reputasi juz bulir delima semakin melonjak & memikat para peneliti gizi. Betapa tidak, para ahli berdasarkan University of California menemukan bahwa, kapasitas antioksidan juz delima tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang anggur merah & teh hijau. Bahkan penelitian awal memperlihatkan, konsumsi rutin juz bulir delima bisa menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri (faktor risiko buat penyakit jantung), & meningkatkan aliran darah ke jantung. Saran: apabila memungkinkan, hindari tambahan pemanis saat membuat jus delima.
3. Anggur merah (red wine)
Anggur merah mengandung poly senyawa yg dapat melindungi kesehatan jantung, termasuk di antaranya resveratrol. Resveratrol memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah pada jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah. Beberapa bukti membuktikan, konsumsi anggur merah dalam jumlah yg moderat dapat mempertinggi HDL (kolesterol baik). Saran: Untuk perempuan  , dianjurkan tidak lebih dari 1,lima gelas perhari. Sedangkan buat laki-laki , nir lebih menurut dua gelas.
4. Teh hitam
Teh hitam didapatkan melalui proses fermentasi sehabis daun dipanen lalu dikeringkan. Pengolahan ini mengganti komposisi kimia menurut daun, sebagai akibatnya menghasilkan beberapa antioksidan bertenaga yang membantu mendukung kesehatan jantung. Teh hitam sudah terbukti mengurangi risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan genre darah dalam arteri koroner. Saran : Semakin lama Anda mencelupkan teh, maka semakin besar manfaat fitokimia yang diperoleh. Oleh karena itu, menyajikan teh menggunakan air panas akan jauh lebih baik sekaligus menjaga kandungan antioksidan permanen terjaga. Minum beberapa cangkir teh hitam setiap hari bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
5.. Teh hijau
Seperti teh hitam, teh hijau mengandung poly antioksidan yg baik buat jantung. Perbedaan utamanya merupakan bahwa teh hijau tidak difermentasi. Sebuah studi tahun 2004 menampakan bahwa minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Ada poly penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau menggunakan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah dan stroke. Saran: Minum 1- 3 cangkir teh hijau sehari.
6. Air
Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko buat penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika Anda sedang mengalami kehilangan cairan tubuh, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat hati Anda mengeluarkan lebih banyak energi buat memompa darah ke semua tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis bisa menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi). Saran:  Banyak ahli merekomendasikan setidaknya dalam sehari seorang wajib  minum 8-10 gelas air (buat dewasa).  Namun rekomendasi jumlah yang harus diminum  untuk setiap orang berbeda-beda tergantung kesehatannya.  Yang pasti, jangan biarkan tubuh Anda  mengalami kehilangan cairan tubuh. Anda pula bisa menambahkan juz atau air perasan lemon ke pada air hangat buat menambahkan cita rasa sekaligus memeroleh manfaat peluruhan dan antioksidan.


Belum ada Komentar untuk "6 Minuman buat Kesehatan Jantung"

Posting Komentar

Bantu kami lebih baik lagi dengan like, komen, dan share

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel