Butuh Jasa Pembuatan Blog? > Klik Disini

Table of Content

Tips Membuat Website dari Dapur Website

Membuat website merupakan sebuah cara yang sangat menguntungkan dalam digital marketing.
Tips Membuat Website dari Dapur Website

Dapur Website - Membuat website merupakan sebuah cara yang sangat menguntungkan dalam digital marketing. Dibandingkan market lain, pembuatan website juga termasuk yang paling kompetitif. Asal Anda mengerti caranya, sebenarnya tidak susah untuk memulai membuat sebuah website secara gratis yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan.

Membuat sebuah website sebenarnya hanyalah setengah jalan. Jangan lupa bahwa Anda juga harus menarik dan mengajak para audiens untuk beralih menjadi pelanggan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan hal ini, Namun Anda harus bisa menyakinkan para audiens bahwa website Anda layak untuk dikunjungi.

Website Anda adalah kesan pertama yang akan ditampilkan kepada para audiens. Pastikan bahwa desain website menarik sehingga audiens tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang website atau bisnis Anda. Ini merupakan langkah terbesar dari pembuatan website, banyak hal dapat dilakukan untuk meningkatkan tingkat konversi website Anda.

Jenis-jenis Website Builders

Terdapat berbagai alat yang dapat digunakan untuk membantu pembuatan sebuah website. Kami akan memberikan tiga rekomendasi alat yang paling penting, yaitu: WordPress, Weebly dan Shopify

WordPress

Anda dapat membuat situs WordPress Anda sendiri hanya dengan beberapa klik saja. Prosesnya sangat mudah dan dapat dilakukan menggunakan smartphone Anda. Satu-satunya hal yang hanya harus Anda lakukan adalah untuk menambahkan sebuah website baru.

Jika Anda menggunakan PC, yang perlu anda lakukan hanya menginstal website tersebut di PC Anda dan kemudian menyalin (copy) file ke website baru Anda. Berikut adalah proses yang dijelaskan untuk Mac, tetapi prosesnya juga sama. Ketika Anda menyalin (copy) file, nama domain Anda harus dirubah. Jika tidak menggunakan nama domain Anda sendiri maka nama domain harus diubah ke nama domain yang ingin Anda gunakan. Jika nama domain yang digunakan telah Anda bayar, Anda dapat menyalin (copy) file tersebut ke website baru.

Weebly

Weebly dapat digunakan untuk membuat dan mempublikasikan website Anda. Weebly hadir sesuai dengan semua kebutuhan yang diperlukan, dan kami memiliki banyak contoh hasil karya yang akan dirilis kedepannya.

Untuk memulai menggunakan Weebly, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buat akun Weebly
    Jika Anda belum memiliki akun Weebly, Anda dapat membuatnya secara gratis. Weebly menyediakan layanan gratis yang membantu Anda membuat dan membagikan proyek kepada orang lain.
  • Upload konten
    Buat profil Weebly dan upload konten Anda, termasuk foto dan URL ke website Anda.
  • Pilih tema
  • Buat halaman Weebly portofolio dan upload portofolio Anda.
  • Buat blog dan mulailah posting
    Jika Anda seorang blogger, buatlah blog Weebly dan mulailah posting konten dari blog Anda sendiri.

Shopify

Pada bagian ini, kita akan membahas cara mengatur Shopify untuk membuat dan mempublikasikan toko online pertama Anda.

Step 1: Daftarkan domain Anda

Anda harus mendaftar nama domain di Shopify. Hal ini diperlukan untuk melanjutkan proses pendaftaran

Buka pengaturan Shopify dan masukkan nama domain Anda.

Step 2: Siapkan Shopify store Anda.

Setelah nama domain telah dimasukan, Anda dapat mengklik “Save and continue” Pada halaman Shopify, Anda akan melihat daftar semua produk dan produk yang telah Anda publikasikan (published). Klik pada bagian yang ingin Anda gunakan.

Terdapat banyak opsi dan fitur pada Shopify

Domain dan Hosting

Domain dan hosting adalah proses yang sangat penting dalam membuat sebuah website. Tapi apakah maksudnya?

Domain

Domain sebuah situs adalah sebuah pengenal pribadi Anda, Domain dapat digunakan untuk berbagai macam hal seperti meng-hosting situs Anda sendiri, menambahkan domain lain ke situs Anda, dll.

Hosting

Sebuah server tempat halaman web di hosting. Ini adalah proses yang meng-host situs dan semua sumber dayanya termasuk beberapa detail lain tentang bagaimana server dikonfigurasi.

Apa itu SSL?

SSL adalah protokol yang mengenkripsi informasi untuk mengamankan website. Ketika server web menerima permintaan HTTP Anda, SSL harus terlebih dahulu memverifikasi sertifikat di browser Anda. Setelah diverifikasi, baru setelah itu server web dapat mengirim data.

Terdapat 3 opsi untuk mengkonfigurasi browser Anda agar terhubung ke server SSL:

  1. Gunakan SSL Browser extension.
    Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih server dengan sertifikat dan key yang ingin Anda gunakan.
  2. Instal OpenSSL extension.
    OpenSSL memungkinkan Anda untuk membuat, menyimpan, dan memverifikasi sertifikat.
  3. Instal Mozilla Application Security Module.
    Ini adalah self-signed sertifikat sehingga, Anda tidak dapat secara asal menggunakannya, Modul ini tersedia di sebagian besar browser. Anda dapat menggunakannya untuk menandatangani (self-signed) sertifikat agar dapat terhubung ke server SSL.

Pembuatan Konten

Pembuatan konten adalah komponen utama dalam pembuatan website. Pembuatan konten dapat membantu menciptakan hubungan yang kuat dengan audiens, dan memberikan kesempatan untuk terhubung dengan mereka melalui tingkat pendekatan yang lebih pribadi.

Sebagai contoh, ketika Anda memposting konten di sebuah website yang populer, audiens Anda akan merasakan manfaatnya dan merasa menyatu dengan konten tersebut. Konten tersebut kemudian akan dibagikan kepada orang lain, dan Anda akan mendapatkan pelanggan baru. Maka dari itu, ketika Anda ingin membuat website sendiri, Anda harus membuat beberapa keputusan sendiri yang lebih susah tentang konten Anda

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah pertanyaan seperti:

Apakah konten ini?
Apakah konten ini bermanfaat untuk target audiens saya?


Sumber: academy.accesstrade.global